Senin, 17 September 2012

Aesop, Penulis Fabel Legendaris

Aesop
Aesop terkenal di seluruh dunia karena cerita yang ditulisnya. Cerita tersebut biasanya mengisahkan tentang binatang-binatang dan penuh dengan nasihat. Cerita seperti ini biasa disebut Fabel.
Siapa sebenarnya Aesop, tidak ada yang tahu secara pasti. Menurut cerita, ia adalah seorang budak yang hidup pada zaman Yunani kuno, sekitar tahun 620 – 560 SM.
Menurut cerita, suatu ketika Aesop pergi ke kota Athena. Di kala itu, ia mendengar berita bahwa rakyat tidak suka dipimpin oleh raja yang sedang berkuasa. Mendengar berita ini, Aesop lalu menulis cerita tentang Kodok Minta Raja Baru.
Dalam ceritanya, suatu hari kodok menghadap dewa Zeus menuntut penggantian rajanya. Walaupun Zeus menganggap permintaan itu bodoh, tetapi dikabulkan juga. Zeus lalu melemparkan sebatang kayu di empang tempat tinggal mereka sebagai raja buat mereka. Mula-mula para kodok ketakutan menghadapi raja yang tiba dari langit dan menimbulkan suara keras itu. Akan tetapi, lama-lama mereka bosan terhadap raja yang tidak pernah bergerak dan berbuat apapun. Mereka lalu mengahadap Zeus kembali dan minta raja baru.
Zeus lalu mengirimkan burung bangau. Dengan gembira para kodok menyambut sang raja yang kelihatan lebih berwibawa itu. Namun kegembirraan mereka tidak  berlangsung lama. Sang raja mulai menyantap setiap kodok yang lewat dengan lahapnya.
Dari kisah ini, Aesop berpesan bahwa raja yang dulu berkuasa, sebenarnya tidak seburuk yang mereka perkirakan. Hadirnya raja baru belum tentu membawa perbaikan.
Dongeng Aesop lainnya yang terkenal adalah Si Rubah dan Buah Anggur. Dari dongeng ini muncul ungkapan: ‘Ah anggurnya toh masam’. Ungkapan ini dipakai oleh orang-orang yang karena tidak bisa memperoleh sesuatu, lalu kemudian menjelek-jelekannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls