Selasa, 18 September 2012

The Grand Old Man, KH Agus Salim

Haji Agus Salim
Siapa yang tak kenal K.H. Agus Salim. Ia begitu banyak menguasai bahasa asing. Tak kurang dari sembilan bahasa asing dikuasainya dengan baik. Tak heran bila ia pandai berdiplomasi dan berpengetahuan luas. Agus Salim memang seorang cendikiawan. Di samping itu, ia merupakan pemimpin Islam yang berpengaruh. Ia memang seorang prajurit sejati. Lebih dari setengah abad umurnya dihabiskan untuk perjuangan. Tak berlebihan apabila ia dijuluki The Grand Old Man atau Kakek Yang Agung.
Nama kecilnya Masyhudul Haq. Ia lahir tanggal 8 Oktober 1884, di kota Gadang, Sumatera Barat. Setelah tamat HBS (SMA), ia belajar sendiri. Ia bekerja pada Konsulat Belanda di Jeddah, pada tahun 1906-1911. Di kota ini, ia memperdalam pengetahuannya tentang Islam dan diplomasi internasional.
Selain sebagai anggota Volksraat, ia juga menjadi anggota Sarekat Islam (SI). Tahun 1929, SI berganti nama menjadi Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII). Ketika HOS Tjokroaminoto wafat tahun 1934, Agus Salim menggantikannya sebagai ketua PSII.
Karena ada perselisihan paham dengan beberapa pimpinan PSII, ia lalu membentuk Barisan Penyadar PSII. Barisan ini kemudian menjelma menjadi Partai Penyadar, di bawah pimpinan Agus Salim dan Sangaji.
Tahun 1931, ia ikut serta sebagai penasihat teknis delegasi Verbond van Vakvereeningingen dalam Konferensi Perburuhan Internasional di Jenewa, Swiss. Ia juga aktif dalam Pan Islam. Ia bercita-cita ingin mempersatukan umat Islam sedunia.
Menjelang proklamasi kemerdekaan, ia duduk sebagai anggota Panitia Persiapan Kemerdekeaan Indonesia. Setelah proklamasi, ia pernah menjabat sebagai Menteri Muda Luar Negeri, Menteri Luar Negeri, anggota DPA, dll.
Semasa hidupnya, ia juga pernah memimpin beberapa surat kabar. Kakek Agung ini, meninggal dunia pada tanggal 4 November 1954, pada usia 70 tahun. Atas jasanya, ia diangkat sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional berdasarkan SK Presiden RI No. 657/1961, tanggal 27 Desember 1961.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls