Rabu, 03 Oktober 2012

Konsep Bilangan

Mungkin semua orang tahu apa itu bilangan. Namun terkadang hal sepele yang sering kita dengar tentang berbagai nama bilangan kita lupakan, bahkan hanya sebagian orang yang paham sepenuhnya tentang konsep bilangan. Contohnya saja bilangan cacah dan bilangan bulat, hanya sedikit orang tahu perbedaan bilangan cacah dan bilangan bulat, dan banyak hal yang lainnya.
Agar kita paham dan tidak keliru dalam menafsirkannya, sedikit gambaran buat kita semua tentang bilangan adalah sebagai berikut :
Bilangan ditulis dengan lambang bilangan 1, 2, 3, …dst, bilangan seperti ini disebut bilangan asli. Apabila bilangan tersebut ditambah dengan 0 (nol) himpunan itu menjadi 0, 1, 2, 3, ….dst, bilangan seperti ini disebut bilangan cacah.
Bilangan asli 1, 2, 3, …dst dapat dikatakan sebagai bilangan bulat positif. Sedangkan kebalikannya yaitu –1, –2, –3, ….dst disebut sebagai bilangan bulat negatif. Himpunan bilangan bulat positif, bilangan bulat negatif, dan nol digabung, maka terbentuklah suatu himpunan yang disebut bilangan bulat.
Bulat artinya utuh, tidak pecah. Lawan bilangan bulat yaitu bilangan pecahan, seperti 1/2, 1/3, 1/4, 2/3, 4/5, ….dsb. Gabungan bilangan bulat dan bilangan pecahan dinamakan himpunan bilangan rasional.
Bilangan rasional adalah bilangan yang terukur besarnya. Sebaliknya bilangan yang tidak terukur besarnya disebut bilangan irasional. Gabungan bilangan rasional dengan bilangan irasional dinamakan himpunan bilangan nyata.
Selain bilangan nyata ada juga yang disebut dengan bilangan khayal / imajiner. Maka gabungan bilangan nyata dan imajiner disebut himpunan bilangan kompleks yaitu himpunan semua bilangan.
Untuk lebih jelas mengenai definisi setiap bilangan sebaiknya kita tanyakan kepada ahli matematika…
Semoga bermanfaat..!

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls